Disdikbud Diminta Layangkan Surat Edaran Ke Sekolah

Admin 06/02/2019 302

Disdikbud Diminta Layangkan Surat Edaran ke Sekolah

 

TEGAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kota Tegal meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk segera melayangkan surat edaran kepada seluruh sekolah agar lingkungan pendidikan tidak dijadikan ajang kampanye oleh calon tertentu.

 

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Edy Suripno di Gedung DPRD, Jalan Pemuda, Rabu (6/2), untuk menyikapi munculnya dugaan politisasi Program Indonesia Pintar (PIP) yang dilakukan salah satu anggota DPR RI. 

 

"Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program yang dulu dicanangkan Presiden Joko Widodo dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Karena itu, hendaknya jangan ditumpangi sebagai ajang politik," kata Edy.

 

Edy mengemukakan, munculnya dugaan politisasi pelaksanaan PIP yang dilakukan salah satu anggota DPR RI diketahui  DPRD berdasarkan adanya aduan dari masyarakat. Mereka merasa tidak pernah menyampaikan aspirasinya, namun mendapatkan surat pemberitahuan sebagai calon penerima dan dikumpulkan di dalam satu tempat untuk diminta mendukung calon yang dimaksud.

 

"Kami meminta kepada Disdikbud untuk menertibkan dan mengeluarkan surat edaran serta mengklarifikasi terhadap dugaan munculnya politisasi PIP. Selain itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera bisa melakukan investigasi terkait dugaan pelanggaran pemilu," ujar Edy.

 

Edy menjelaskan, investigasi perlu dilakukan karena tindakan tersebut tidak dibenarkan. Sebab, menyangkut dengan program pemerintah yang sudah dilaksanakan beberapa tahun. Apalagi, politisasi program tersebut diduga dilakukan secara sistemik dengan melibatkan pihak sekolah dan wali murid calon penerima yang diarahkan untuk memilih kepada yang bersangkutan.

 

"Kami juga mengimbau kepada seluruh sekolah untuk lebih selektif dalam memberikan data-data terkait program kegiatan reguler yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya. Hal itu untuk menghindari adanya penggunaan program untuk kegiatan politik dan tujuan tertentu," ungkap Edy. (Admin01).