DPRD Kota Tegal Apresiasi Dana Kelurahan

Admin 13/12/2018 201

TEGAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal menyatakan mengapresiasi Dana Kelurahan yang rencananya akan dikucurkan Pemerintah Pusat di 2019 mendatang. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Dana Kelurahan yang didasari dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan di daerah-daerah.

 

 

Kota Tegal sendiri yang memiliki 27 kelurahan sebelumnya gigit jari saat Pemerintah Pusat mengucurkan Dana Desa. Alhamdulillah, pada 2019 Dana Kelurahan dimunculkan. DPRD berterima kasih dengan adanya Dana Kelurahan, kata Ketua DPRD Kota Tegal Edy Suripno di Gedung Parlemen, Jalan Pemuda, Selasa (11/12).

 

Saat ini, DPRD tengah menunggu regulasi dari Pemerintah Pusat. Petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) Dana Kelurahan belum turun. Edy mengemukakan, kondisi geografis maupun sumber daya di perkotaan dan pedesaan berbeda. Berbeda dengan pedesaan, kondisi infrastruktur di perkotaan sudah lebih tertangani.

 

Karena itu, secara prinsip, pengalokasikan Dana Kelurahan ini mendorong partisipasi masyarakat kelurahan di bidang pembangunan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Maka, Dana Kelurahan diperspektifan pada kebijakan seperti peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah dan produk unggulan di masing-masing kelurahan,” jelas Edy.

 

Edy berharap, Dana Kelurahan dapat menjadi teroboson baru untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat perkotaan. Sehingga, dapat turut menekan angka kemiskinan dengan semakin tersedianya lapangan kerja baru. DPRD menunggu juklak dan juknis Dana Kelurahan yang nantinya akan disesuaikan kebijakan penggunaannya.

 

“Kami berharap juklak dan juknisnya bisa turun dalam waktu dekat,” ujar Edy. (nam)