DPRD Kota Tegal Dorong Penyelarasan Pemerintahan

Admin 03/01/2019 201

TEGAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal mengagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Senin (14/1) yang akan datang. RDP diselenggarakan dengan sejumlah agenda pembicaraan, utamanya terkait penyelarasan penyelenggaraan pemerintahan di 2019.

Menurut Ketua DPRD Kota Tegal Edy Suripno, penyelarasan penyelenggaraan pemerintahan ini penting karena 2019 merupakan masa transisi di tubuh eksekutif maupun legislatif. Hal tersebut mengingat pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal terpilih dilaksanakan Maret, sedangkan DPRD terpilih empat bulan berikutnya, yakni Agustus.

Karena itu, perlu diselaraskan agenda penyelenggaraan pemerintahan Wali Kota Nursholeh pada Januari sampai Maret, dan pemerintahan yang baru, dari April sampai seterusnya, kata Edy.

Edy mengemukakan, hal urgen lainnya yang didorong DPRD adalah terkait penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). RPJMD merupakan penjabaran visi misi Wali Kota Tegal terpilih. DPRD berharap RPJMD dapat dibahas pada Mei dan Juni 2019, oleh DPRD periode sekarang yang sedang menjabat.

Begitu juga dengan penyusunan dan penetapan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUAPPAS) 2020 yang sudah disesuaikan dengan RPJMD, serta penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Sehingga, DPRD periode 2019-2024 yang baru nanti, sudah tidak membahas lagi RPJMD maupun Perubahan APBD 2019.

DPRD yang baru agar fokus membahas APBD 2020 dengan perencanaan sebagaimana tertera dalam RPJMD, ujar Edy.

Di samping penyelarasan tersebut, DPRD akan meminta penjelasan dari Pemkot terkait tindaklanjut penyelenggaraan kebijakan pemerintahan, baik yang berupa kebijakan pembangunan fisik maupun non fisik, termasuk tindaklanjut terkait proses hukum soal Pasar Pagi dan Pasar Sore. Hal tersebut dibutuhkan untuk penyusunan estafet penyelenggara pemerintahan berikutnya.

Selain itu, DPRD juga akan meminta kepada Pemkot untuk menyampaikan schedule pelaksanaan program kegiatan 2019, jelas Edy. (Admin01)