Edy Suripno: APBD Rp1,1 Triliun Diharapkan Bisa Tekan Pengangguran

Admin 14/12/2018 210

TEGAL - DPRD Kota Tegal berharap dengan jumlah APBD yang mencapai Rp1,1 Triliun dapat memenuhi hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat. Termasuk mengentaskan persoalan pengangguran di Kota Tegal.

Penegasan itu diungkapkan Ketua DPRD Kota Tegal Edy Suripno. Menurutnya, APBD harus berdaya guna untuk mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat.


"Secara keseluruhan alokasi anggaran daerah (APBD) dengan angka Rp1,1 Triliun. Seharusnya mampu menjaga hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat termasuk perzoalan mengentaskan pengangguran," katanya.

Edy menilai untuk mengatasi angka pengangguran, perlu dilakukan evaluasi kebijakan secara keseluruhan untuk. Termasuk terkait dengan kebijakan yang secara spesifik akan mengurangi dampak pengangguran.

"Kebijakan tersebut diantaranya pengusulan program kegiatan pembangunan daerah yang melibatkan partisipasi publik secara langsung. Misalnya melalui kegiatan padat karya, job fair, pasar dadakan, pameran, yang bertujuan memberikan akses pembinaan dan pemasaran pada masyarakat baik UMKM maupun mandiri sebagai penguatan ekonomi mikro," jelasnya.

Menurut politisi PDIP itu, saat ini fasilitasi dari pemerintah daerah terkait dengan pengembangan UMKM masih minim. Baik dari segi bantuan permodalan pembinaan serta pemasaran produk UMKN itu sendiri.

"Hal ini terjadi karena OPD terkait tidak optimal menjalankan tupoksi sebagai pihak yang menangani bidang tersebut," tegasnya.

Karenanya, kata Edy, Wali Kota harus serius melakukan pembinaan dan pengarahan serta pengawasan terhadap OPD yang tidak serius tersebut. Sebab, dirinya menilai OPD kurang progresif dalam menjawab kebutuhan masyarakat yang berkaitan peningkatan kesejahteraan. (muj/zul)

https://radartegal.com/berita-dprd-kota-tegal/edy-suripno-apbd-rp11-triliun-diharapkan-bisa.27216.html