Kampung Nelayan Diharapkan Jadi Icon Kota Tegal Yang Membanggakan

Admin 26/11/2018 256

TEGAL - Proyek pembangunan kampung nelayan saat ini tinggal menyisakan sekitar 20 persen dari total keseluruhan. Pelaksanaan proyek diprediksi bakal rampung pada 2019 mendatang.

Kelak, diharapkan proyek itu akan menjadi icon kebanggaan Kota Bahari dimasa mendatang. Sebab, pembangunan itu merupakan proyek percontohan program pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian PU dan PR.

Ketua DPRD Kota Tegal Edy Soeripno mengatakan proyek kampung nelayan sejatinya merupakan program dari Presiden Joko Widodo melalui Kementrian PU dan PR yang menelan anggaran Rp 90 Milyar. Untuk menyelesaikan proyek itu Pemkot Tegal mengajukan anggaran  sebesar Rp 5,2 Milyar di 2019 mendatang.

"Pembangunan sudah mencapai 80 persen. Rencananya akan selesai tahun depan,"katanya.

Edy menjelaskan anggaran yang diajukan itu akan digunakan untuk embebasan lahan seluas 1.234 meter persegi sebesar Rp 4,2 Milyar, ganti rugi bangunan sebesar Rp 320 juta ganti rugi usaha Rp150 juta dan Pembiayaan lainnya sekitar Rp 300 juta. Menurutnya, MoU antara Pemkot dan Kementrian sudah lama ditandatangani. 

"Dalam Mou itu Pemkot harus mempersiapkan lahan untuk dibangun RTH dan rusun nelayan,"jelasnya. 

Menurut Edy, pembangunan kawasan itu akan menjadi proyek percontohan yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi untuk penataan perumahan nelayan. Sehingga ini diharapkan nantinya dapat dibanggakan untuk Kota Tegal. (Adm02)