Muncul Gugatan, PAW Anggota DPRD Kota Tegal Tunggu Incracht

Admin 29/01/2019 200

TEGAL - Proses pergantian antar waktu (PAW) Abas Thoya Bawazir anggota DPRD Kota Tegal dipastikan tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat. Itu menyusul adanya gugatan yang diajukan yang bersangkutan di PTUN.

Karenanya, pergantian ditunda hingga adanya putusan hukum tetap (Incraht). Itu juga sesuai dengan surat Gubernur Jawa Tengah yang dikirimkan ke DPRD setempat.

Ketua DPRD Kota Tegal Edy Soeripno usai menemui ketua KPU Agus Wijonarko, Senin (28/1), mengatakan awalnya pihaknya sudah menindaklanjuti surat dari partai Hanura. Selanjutnya, dewan sudah dimintai verifikasi KPU maupun ditindaklanjuti dengan mengirim surat ke Gubernur Jawa Tengah melalui Wali Kota.

"Secara administratif dan kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan, DPRD sudah menindaklanjuti surat permohonan PAW," katanya.

Selanjutnya, kata Edy, muncul surat Gubernur Jateng yang menyebut PAW tidak dapat ditindaklanjuti. Mengingat Abas Thoya melakukan gugatan di PTUN. Sehingga gubernur meminta agar menunda pelaksanaan paw hingga adanya keputusan incracht.

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijonarko mengatakan pihaknya juga sudah menindaklanjuti surat dari DPRD dengan melakukan verifikasi calon pengganti Abas Thoya Bawazir. Namun, KPU mengirim surat kembali kepada DPRD untuk menunda pelaksanaan PAW.

"Itu karena calon penggantinya ternyata terdaftar sebagai pengurus di parpol lain, sesuai dokumen yang ada di KPU," ungkap Agus.

Menurut Agus, selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi secara mendalam terhadap calon pengganti Abas Thoya. Pihaknya saat ini tetap mengikuti proses yang ada di DPRD. (muj/zul)

https://radartegal.com/berita-dprd-kota-tegal/muncul-gugatan-paw-anggota-dprd-kota-tegal-tunggu.28066.html