Uyip : Kami Mendorong Percepatan Sertifikasi Tanah

Admin 16/12/2018 199

TEGAL - Adanya sejumlah persoalan tanah di wilayah Kelurahan Panggung Kota Tegal menarik perhatian Ketua DPRD Kota Tegal Edy Soeripno. Karenanya, dalam penyelenggaraan publik Hearing dirinya mengangkat tema terkait persoalan itu.

Dalam publik hearing itu, pria yang akrab disapa Uyip itu menegaskan persoalan tanah di Kelurahan Panggung bisa diselesaikan secara bersamaan. Syaratnya Pemerintah Kota yang mendatang harus form dan solid.

"Persoalan itu bisa diselesaikan asalkan ke depan pemerintahan form. Tidak terjadi konflik antar birokrasi dan penyelenggara pemerintahan,"ujarnya.

Menurut Uyip, persoalan di Kelurahan Panggung menyangkut tanah yakni yang ada perjanjian dengan Pemerintah kota, Provinsi, perjanjian dengan PT KAI maupun tanah negara bebas. Selain Pemerintahan form, juga secara administrasi dan secara politik yang sebenarnya ketiga unsur itu sebetulnya sudah terpenuhi.

"DPR secara kelembagaan mendorong agar persoalan Pertanahan ini dapat terselesaikan. Karena dewan memahami percepatan kesejahteraan masyarakat salah satunya  bisa diwujudkan melalui kebijakan Pertanahan dengan percepatan pensertifikatan untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk menguasai pertanahan,"jelasnya.

Ditambahkan Edy, untuk di RW10, tinggal diselesaikan dengan pemerintah kota. Apakah mau dengan perjanjian dengan pembayaran sesuai dengan isi perjanjian yaitu atau dengan menggunakan harga apraisal.

 "Termasuk tanah perjanjian dengan Provinsi maka perlu dibicarakan dengan Gubernur,"tutup Uyip. (Admin02)