Uyip : Saya Siap Kawal Warga Urus Surat Keterangan Tanah

Admin 14/02/2019 340

TEGAL - Ketua DPRD Kota Tegal Edy Soeripno, SH, MH menyatakan siap untuk mendampingi warga guna memperoleh surat keterangan tanah di RT6 RW11 Kelurahan Mintaragen. Surat keterangan itu diperlukan untuk mengajukan permohonan penerbitan sertifikat hak milik (SHM) bagi warga yang tinggal di lokasi itu. 

"Muncul persoalan pertanahan dimana masyarakat menempati lahan yang posisinya terjepit antara PT Pelindo dan PT KAI. Berdasarkan keterangan persil lahan itu milik negara bebas. Sehingga warga setempat berupaya mengajukan sertifikat tanah dengan meminta surat keterangan dari Kelurahan,"ungkap Uyip. 

Namun, kata Uyip, ketika warga hendak mengurusnya pihak kelurahan meminta persyaratan surat keterangan tanah tidak  dalam penguasaan dari kedua BUMN. Padahal, pihak kelurahan seharusnya tidak meminta persyaratan yang diluar batas kewenangan, karena disana terdapat peta persil. 

"Seyogyanya, kelurahan dapat merealisasikan permintaan warga dengan mengeluarkan surat keterangan tanah. Dari surat keterangan tanah itu nantinya akan menjadi persyaratan warga untuk mengajukan permohonan persertifikatan tanah itu,"jelasnya. 

Nantinya, imbuh Uyip, BPN sebelum menerbitkan pasti akan mengumumkan  adanya permohonan sertifikat di lahan itu. Jika ada masyarakat yang merasa memiliki lahan tersebut bisa mengajukan keberatannya. (Admin02)